MAHASISWA FISIPOL UNTIDAR GALANG DANA UNTUK SALIM KANCIL

Rabu 7 Oktober 2015, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Tidar Kota Magelang melakukan aksi penggalangan dana untuk Salim Kancil dan Tosan, aktivis penolak penambangan pasir besi di Lumajang, Jawa Timur. Penggalangan dana dilakukan di 4 titik di kota Magelang, yaitu di Alun-alun, Pecinan, Pasar Rejowinangun, dan Bayeman. "Ada sekitar 120 mahasiswa semester 1 dan 30 mahasiswa semester 3 yang kami libatkan", tutur Siam Khoirul koordinator kegiatan ini. "Ini merupakan aksi nyata wujud simpati kami untuk Salim Kancil dan Tosan yang merupakan korban pelanggaran HAM". tambah Siam.

Dalam aksinya mereka membawa sejumlah poster dan spanduk yang berisi tulisan solidaritas untuk tewasnya Salim Kancil yang menolak tambang pasir besi.Tulisan tersebut antara lain "Salim Kancil Dibunuh Karena Benar", "Di Tanah Kami Nyawa Kami Tak Semahal Tambang", dan tulisan lainnya. "Dengan mengumpulkan uang dari pengendara yang melintas, nantinya akan disumbangkan kepada keluarga Salim Kancil dan Tosan yang menjadi korban keberingasan mafia tambang. Dana yang terkumpul sebesar 5.283.500,- akan disampaikan langsung ke Lumajang". jelas Siam.

Penggalangan dana juga diisi dengan aksi teatrikal, musik, dan orasi. Aksi serupa juga akan dilakukan pada beberapa hari ke depan. Misalnya, hari Minggu saat Car Free Day. Dia berharap masyarakat bisa terlibat dalam aksi solidaritas ini. Seperti diketahui, Salim Kancil dibunuh setelah menolak penambangan liar di Lumajang, Jawa Timur. Sementara, rekannya, Tosan mengalami luka parah akibat dianiaya preman tambang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY