MAHASISWA FAPERTA LAKUKAN EXPLORASI DAN PENGENALAN TANAMAN OBAT SERTA PENANAMAN POHON KOPI DI DESA BALESARI

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian dan seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di Desa Balesari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Desa Balesari adalah desa yang tanahnya sangat potensial untuk ditanami sayuran, tanaman pangan dan tanaman buah buahan. Desa balesari adalah pusat penghasil sayuran dengan mutu yang baik di wilayah Kabupaten Magelang. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat selain menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara mahasiswa Faperta Untidar, melatih mahasiswa untuk terjun dan bersosialisasi kepada masyarakat sekitar, memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang perbaikan lingkungan pertanian berkelanjutan dan konservasi lahan pertanian, memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang tanaman industri (kopi) yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. 

Sasaran kegiatan ini adalah petani desa Balesari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang sejumlah 20 orang. Sedangkan sivitas akademika Faperta berjumlah 140 mahasiswa dan 10 orang dosen. "Selama di sini berbagai kegiatan dilakukan mulai dari bakti sosial, sarasehan, eksplorasi dan pengenalan tanaman obat, penyuluhan tentang penghijauan dan budidaya tanaman kopi, penanaman 10.000 batang bibit pohon kopi dan pohon tahunan, aksi terjun lapang ke lahan pertanian, training motivasi, outbond,  bazaar, dan bersih lingkungan", tutur Ginanjar Tri Wahono Ketua Panitia Kegiatan. Kegiatan dilaksanakan 18 sd 20 September 2015. Bertema "Penghijauan Untuk Kembalikan Gemah Ripah Loh Jinawi Indonesia". "Kami berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan sebagai bentuk sinergi antara kampus dengan desa. Mahasiswa bisa menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi petani dan bisa membantu mencari solusi. Metode-metode terbarukan di bidang pertanian bisa juga disosialisasikan kepada para petani agar bisa terus menghasilkan produk yang berkualitas unggul sehingga bisa meningkat taraf hidup petani. Dekan Faperta Ir Gembong Haryono, M.P. mengatakan: "Saat ini mahasiswa dan dosen Faperta rutin mengadakan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat ke Desa Balesari yang merupakan Desa Binaan Untidar".Ini sejalan dengan PIP Untidar yaitu kewirausahaan dan pembangunan perdesaan. 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY