Universitas Tidar berpartisipasi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dalam penjaringan mahasiswa baru pada tahun ajaran baru 2016 ini. Pendaftaran SNMPTN dilaksanakan pada 29 Februari – 12 Maret 2016 secara online dibawah koordinasi Panitia Nasional.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MK dan SMK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. SNMPTN merupakan tahap pertama penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi, sebelum Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM).

UNTIDAR menyiapkan peluang 40% dari keseluruhan kuota untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN atau sekitar 360 kursi. Terdapat 8 program studi yang ditawarkan yaitu Agroteknologi, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Sipil untuk jurusan IPA, serta Ekonomi Pembangunan, Administrasi Negara, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris untuk jurusan IPS. Sebagian besar program studi sudah terakreditasi B.

Tiap program studi hanya dapat dipilih oleh siswa dari jurusan tertentu. Semua informasi mengenai SNMPTN dapat diakses pada laman http://www.snmptn.ac.id dan call center 0804-1-450-450. Pengumuman seleksi dijadwalkan pada 10 Mei 2016 sedangkan daftar ulang/verifikasi di PTN masing-masing pada 31 Mei 2016 bersamaan dengan ujian tulis SBMPTN 2016.

Bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi yang pendaftarannnya juga dilakukan secara online pada laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Selain beasiswa Bidikmisi, masih tersedia beasiswa lainnya untuk calon mahasiswa seperti ASTRA dan PPA.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY