MAGELANG – Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Lukisan dari Serbuk Gergaji (La Segar) lolos seleksi dan menjadi satu-satunya wakil UNTIDAR di PIMNAS 2016. Pekan Mahasiswa Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke 29 ini akan digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 7 – 12 Agustus 2016.

“Ada produk baru La Segar yang nanti khusus dibuat untuk Pimnas. Rencananya mau mengadopsi gaya WPAP dengan model tokoh nasional Indonesia,” tutur Sahrul Mubarok, ketua tim PKMK La Segar saat ditemui Selasa (09/08) di Gedung Rektorat UNTIDAR.

WPAP atau Wedha’s Pop Art Potrait adalah seni ilustrasi potret wajah yang bersaling-silang secara geometri dengan menggunakan kontradiksi warna khusus atau berbeda-beda. Untuk memenuhi konsep terbaru ini, produk La Segar yang sebelumnya hanya menggunakan 3 warna yaitu warna hitam diperoleh dari serbuk gergaji kayu sonokeling, warna merah dari kayu mahoni/kayu merah dan warna putih dari kayu waru kini bertambah 2 warna baru yaitu kuning dari kayu nangka dan cokelat dari kayu jati.

“Walaupun tingkat kesulitannya tinggi, kami berusaha semaksimal mungkin untuk PIMNAS ini,” tambah Sahrul.

Selain teknik yang sulit, bahan baku yang sulit didapatkan juga menjadi kendala tersendiri. Sahrul harus berkeliling Jepara disela-sela liburannya untuk mendapatkan warna serbuk gergaji yang baru. Anggota tim La Segar terdiri dari 5 orang yaitu Sahrul Mubarok (PBSI/FKIP), Muhammad Fauzan (PBSI/FKIP), Akhmad Saiful Anas (PBSI/FKIP), Khoirullummah (Agroteknologi/FP) dan Anita Choiriyah (Agroteknologi/FP). Judul lengkap PKMK mereka yang maju ke PIMNAS adalah La Segar (Lukisan dari Serbuk Gergaji) Solusi Jitu Daur Ulang Limbah Serbuk Gergaji yang Ramah Lingkungan.

PIMNAS ke 29 ini akan diselenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebanyak 440 tim PKM dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia akan berkumpul di kampus IPB Dermaga. Selain PIMNAS 2016, UNTIDAR juga mengirimkan perwakilannya dalam PIMNAS Investment Summit 2016.

Mimik Balon, produk yang akan dipromosikan di PIMNAS Investment Summit 206 di Bogor
Mimik Balon, produk yang akan dipromosikan di PIMNAS Investment Summit 206 di Bogor

PIMNAS Investment Summit 2016 adalah pameran hasil kreativitas mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dalam bidang teknologi; pangan; fashion; farmasi & kosmetika; pendidikan & kreativitas dan seni, artistik & dekorasi. Kegiatan termasuk dalam rangakaian kegiatan PIMNAS 2016 di Bogor yang dilaksanakan pada 9-10 Agustus 2016 yang bertujuan mempertemukan pengusaha-pengusaha dengan mahasiswa-mahasiswa tersebut.

“Mereka dapat mempromosikan produknya serta bernegosiasi dengan pengusaha-pengusaha yang mungkin tertarik menjalin kerjasama atau mengembangkan produk mereka,” kata Xander Salahudin, S.T., M.Eng. pendamping PIMNAS UNTIDAR 2016.

UNTIDAR mengirimkan dua perwakilannya yaitu Siti Naili Sholikhah (PBI/FKIP) dan Rachman Satya Pamungkas (Teknik Mesin/FT) dengan produk unggulannya Mimik Balon (miniatur mobil antik dari limbah paralon) perintis souvenir ramah lingkungan. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY