Tingkatkan kesadaran hidup sehat, KSR UNTIDAR sosialisasikan PHBS di MI Al-Islam Balesari, Kabupaten Magelang.

MAGELANG  – Kesehatan merupakan faktor penting dalam mendukung aktifitas manusia sehari-hari. Ketika kesehatan menurun dipastikan seluruh rutinitas akan terganggu. Maka itu, Korps Sukarela (KSR) PMI unit UNTIDAR mengajak siswa MI Al – Islam Balesari mulai menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Dalam Sosialisasi PHBS, Sabtu (26/11) ini, para siswa mendapatkan penjelasan bagaimana cara menyikat gigi dan mencuci tangan dengan baik dan benar, pentingnya air untuk kesehatan serta standar minimal kebersihan toilet. Tidak hanya sekedar penjelasan, Tim KSR UNTIDAR juga mengajak siswa-siswa untuk mempraktekannya langsung dengan membersihkan lingkungan sekolah dan mencuci tangan sesuai dengan penjelasan yang telah mereka terima.

Dwi Nuryati, S.Pd.I., Kepala Sekolah MI Al-Islam Balesari mengatakan melalui kegiatan tersebut siswa diharapkan mulai menerapkan PHBS dalam kehidupan siswa sehari-harinya. “Kegiatan ini sangat bagus, saya harap kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan. Terlihat juga tingkat antusias siswa sangat tinggi,“ ujarnya.

Tim KSR UNTIDAR ajarlan bagaimana mencuci tangan, menyikat gigi sampai membersihkan toilet dan lingkungan sekolah sesuai standar kesehatan kepada para siswa kelas 4 dan 5.
Tim KSR UNTIDAR ajarlan bagaimana mencuci tangan, menyikat gigi sampai membersihkan toilet dan lingkungan sekolah sesuai standar kesehatan kepada para siswa kelas 4 dan 5.

Kegiatan ini diikuti siswa yang duduk di kelas 4 dan 5. Salah satu peserta mengaku senang mendapat kunjungan serta ilmu dari KSR UNTIDAR. “Hari ini aku seneng, kakak kakak KSR main kesini. Bisa diajari cuci tangan yang baik, sikat gigi yang benar. Diajari cara membersihkan kamar mandi. Kak, besok kesini lagi ya,” tuturnya.

”Kesehatan menjadi masalah utama yang selalu diperhatikan dan ditanamkan sejak dini pada diri anak-anak yang belum paham atau bahkan tidak tahu bagaimana cara menjaga kebersihan agar tercapainya hidup sehat dan bersih,” jelas Ani Arina selaku Ketua Panitia Sosialisasi PHBS.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini anak-anak MI Al-Islam Balesari dan masyarakat sekitar dapat mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menularkan ilmu yang diajarkan kepada teman-temanya dan masyarakat sekitar.

Sosialisasi PHBS merupakan rangkaian volunteer week KSR PMI UNTIDAR. Selain sosialisasi terdapat beberapa kegiatan lain seperti seminar “Donor Darah dan Diseminasi Kepalangmerahan, donor darah dan konsultasi kesehatan serta kampus siaga bencana yang direncanakan pada akhir November hingga awal Desember nanti. (KAM-KSR/DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY