MAGELANG – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Darma Wanita Universitas Tidar menggelar lomba memasak nasi goreng khusus bapak-bapak, Jumat (22/04/2016). Acara yang diadakan di auditorium UNTIDAR ini diikuti 16 tim yang masing-masing terdiri dari dua orang peserta.

Panitia menyediakan bahan-bahan yang diperlukan seperti nasi putih, telor, bumbu-bumbu yang diperlukan serta garnish untuk mempercantik penyajian. Peserta hanya diperbolehkan membawa alat masak dan piring untuk penyajian. Bagi yang membawa bahan tambahan diluar ketentuan maka akan disita.

“Beberapa peserta membawa bumbu yang sudah jadi, maka kami sita,” tutur Dr. Bambang Kuncoro, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Sebelum lomba masak dimulai, Wakil Rektor III bersama dengan Dekan FKIP, Prof. Dr. Sukarno. M.Si. melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk menyita bahan-bahan tambahan yang dibawa oleh peserta. Kedua inspektor ini berhasil menyita berbagai macam bahan tambahan mulai dari bumbu instan atau bumbu yang sudah jadi sampai bahan tambahan seperti kerupuk atau sayuran untuk garnish makanan.

Segera setelah pembawa acara memberi aba-aba lomba memasak dimulai, peserta langsung cekatan mengambil bahan-bahan nasi goreng sesuai dengan nomer peserta di meja yang sudah disediakan. Selama 30 menit waktu yang ditentukan panitia, dapat terlihat peserta mana yang sudah terbiasa dan tidak terbiasa memasak sebelumnya. Pasangan Jati dan Rasyid, tim dari LPPMPP menarik perhatian juri dari mulai proses memasak sampai penyajian. Nasi goreng bala-bala ini berhasil menyingkirkan 15 nasi goreng lainnya hingga merebut gelar juara pertama.

“Nasi gorengnya enak, garnish-nya cantik seperti buatan ibu-ibu biasanya,” tutur Lucia, salah satu tim juri yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi.

Tim juri berasal dari perwakilan masing-masing fakultas yaitu Anis Rakhmawati, Sri Dayati, Lucia Rita Indrawati, Dwi Winarsih dan Sri Rahayu Safitri. Penilaian juri ditentukan dalam beberapa kategori antara lain kebersihan, cara kerja, ketepatan waktu, penampilan dan rasa.

Lomba memasak nasi goreng ini juga sekaligus menjadi acara perdana Darma Wanita UNTIDAR setelah sekian lama dalam masa vakum. Menurut penuturan Suwerli, Ibu Rektor, harapannya kegiatan Darma Wanita akan mulai aktif kembali dengan berbagai kegiatan yang variatif dan bermanfaat baik bagi anggota maupun bagi UNTIDAR.

Berikut daftar pemenang Lomba Memasak Nasi Goreng dalam Rangka Hari Kartini UNITIDAR : Juara 1 (Jati&Rasyid,LPPMP), Juara 2 (Hari Wahyono&Imam,FKIP), Juara 3 (Purba&Gentur,FE), Harapan 1 (Yogi&Reza,Rektorat), Harapan 2 (Ardi&Dwi,Staff Driver) dan Harapan 3 (Hatma&Ma’un,BAU).

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY