MAGELANG – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNTIDAR mengadakan pembekalan kepada 118 peserta PPL yaitu mahasiswa semester 7, Selasa (19/07) sebagai persiapan praktek mengajar yang akan mulai dilaksanakan pada Senin (25/07). PPL dilaksanakan mulai pertengahan bulan Juli 2016 dan berakhir Januari 2017.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) FKIP akan dilaksanakan di 9 SMA di Magelang yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMA N 5, SMA Kristen 2, MAN 1, dan SMA Tarakanita Magelang. Peserta PPL kali ini terdiri dari 81 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan 37 mahasiswa Prodi Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Mahasiswa perlu menguasai keprofesionalan guru serta kompetensi guru lainnya,” kata Lilia Indriani, M.Pd., Ketua Panitia PPL FKIP UNTIDAR. Menurutnya, PPL juga menjadi sarana pendekatan kepada masyarakat serta sebagai upaya peningkatan relevansi kurikulum FKIP dengan tuntutan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

1.2
Mahasiswa semester 7 FKIP UNTIDAR sedang menyimak materi pada pembekalan PPL, Selasa (19/07) di auditorium.

Pembekalan PPL mendatangkan beberapa pemateri yaitu Drs. M. Arief Fauzan B., M.Pd.Si., Kepala Sekolah SMA N 2 Magelang; Hesti Wulandari, S.Pd., M.Pd.,BI., Guru Bahasa Inggris SMA N 1 Magelang dan Sartono, S.Pd, Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Magelang.

“Ada 2 faktor yang mempengaruhi budaya belajar yaitu sumber daya manusia dan sistem,” jelas daya Arief. Sumber daya manusia yang dimaksud adalah peserta didik sedangkan sistem meliputi manajemen sekolah, kinerja guru dan tenaga kependidikan dan pengelolaan pembelajaran efektif. “Budaya belajar tinggi dipengaruhi siswa yang mampu mengembangkan logika, etika, estetika, dan praktika yang didukung manajemen sekolah, kinerja optimal guru, dan tenaga kependidikan,” tambahnya.

Ani Budiati, mahasiswa Prodi PBSI yang merupakan satu peserta PPL di SMA N 3 Magelang menuturkan bahwa dalam seminggu peserta PPL diwajibkan piket 4 hari. “Kalau jam mengajarnya belum tahu pasti. Karena baru aktif mengajar Agustus mendatang jadi bulan ini kami observasi dan pengenalan dulu di masing-masing lokasi,” kata Ani. (DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY