MAGELANG – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) telah memasuki tahap seleksi tingkat perguruan tinggi. Jalur seleksi dengan menggunakan nilai rapor siswa ini baru pertama kali dilaksanakan di Universitas Tidar. Menurut data dari pusat, jumlah pendaftar SNMPTN ke UNTIDAR masih didominasi dari wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Mayoritas pendaftar masih dari provinsi sendiri (Jawa Tengah) namun, beberapa pendaftar ada juga yang berasal dari Papua, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi,” jelas Humas SNMPTN UNTIDAR, Yogi Prayogo.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MK dan SMK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik. SNMPTN merupakan tahap pertama penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi, sebelum Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM).

Rektor, Wakil Rektor beserta Tim Panitia SNMPTN UNTIDAR menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penetapan Hasil Akhir PTN 1, Sabtu-Minggu (16-17/04/2016) di Laras Asri Resort & Spa Salatiga. PTN 1 yang dimaksud adalah kelompok pendaftar yang memilih UNTIDAR sebagai pilihan pertama. Bagi pendaftar PTN 1 yang tidak lolos seleksi otomatis diikutkan kembali pada seleksi PTN 2 pada akhir April 2016.

FGD ini dipimpin oleh Rektor Universitas Tidar, Prof.Dr. Cahyo Yusuf,M.Pd dan Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Prof.Ir. Ali Munawar,M.Sc.,Ph.D. Menurut keterangan dari panitia SNMPTN UNTIDAR, jumlah pendaftar kelompok PTN 1 ini mencapai 610 orang. Pada FGD ini ditetapkan jumlah calon mahasiswa SNMPTN PTN 1 yang dinyatakan lolos yang nanti akan diumumkan pada 10 Mei 2016.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY