MAGELANG – Pemberlakuan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) mendesak masyarakat Indonesia untuk mulai meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing. UPT Bahasa Universitas Tidar menyadari pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa global sehingga dapat menjembatani masalah komunikasi antar negara.

Dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya mahasiswa, UPT Bahasa menyelenggarakan pelatihan bahasa inggris untuk mahasiswa. Pelatihan ini difokuskan pada penguasaan ketrampilan komunikasi yaitu pelatihan English Conversation untuk menambah ketrampilan berkomunikasi dan berinteraksi dalam bahasa Inggris.

“Pelatihan ini tidak dipungut biaya sedikitpun dan masih dibuka kesempatan bagi mahasiswa yang belum sempat mendaftar,” tutur Kepala UPT Bahasa, Dr. Farikah, M.Pd.

Pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris ini dimulai bulan April – November 2016. Pelatihan dilaksanakan setiap hari dari Senin – Jumat pukul 14.30 – 16.00 dan 16.00 – 17.30 di ruang UPT Bahasa. Instruktur pelatihan merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Sampai saat ini sudah ada 236 mahasiswa yang mendaftar dan kemudian dibagi menjadi 9 kelas dengan jadwal hari dan waktu pelatihan yang berbeda-beda,” tambah Farikah.

Menurutnya, mahasiswa yang belum lancar berbahasa Inggris tidak perlu kecil hati. Para instruktur siap membimbing mahasiswa tahap demi sehingga mahasiswa mampu menyerap dan mempraktekkan materi yang diberikan dengan baik dan lancar. Tujuan akhir pelatihan ini adalah membekali mahasiswa UNTIDAR dengan kemampuan berbahasa Inggris baik tulis maupun lisan untuk level dasar dengan pemberian sertifikat pada akhir pelatihan.

Pelatihan Bahasa Inggris ini sudah dimulai Senin (18/04/2016) lalu. Minggu perdana pelatihan ini diisi dengan materi introducing yourself and introducing someone. Berlanjut ke minggu kedua dengan materi checking information, minggu ketiga describing work and school, dan seterusnya sampai minggu ke-20.

2.1

“Saya mengikuti pelatihan ini karena ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saya. Jadi ketika lulus nanti selain mendapat gelar juga fasih berbahasa Inggris,” kata Sani, salah satu peserta pelatihan bahasa, mahasiswi D3 Akutansi semester 4.

Penguasaan bahasa Inggris mendapat poin tersendiri ketika melamar pekerjaan dan membantu kelancaran dalam bekerja jika mendapat klien atau partner kerja dari luar negri. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, maka manfaatkanlah kesempatan pelatihan bahasa Inggris oleh UPT Bahasa ini, bagi mahasiswa yang belum mendaftar bisa menghubungi Ibu Farikah (085642737806).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY