MAGELANG –  Ratusan wali mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi menghadiri acara dialog interaksi yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi, Sabtu (09/04/2016). Pertemuan tatap muka langsung antara dosen dan wali mahasiswa ini mengangkat tema “Membangun Sinergitas Hubungan Orang Tua Mahasiswa dengan Fakultas Dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik”.

“Komitmen kami adalah memartabatkan mahasiswa melalui mutu dan kepuasan layanan pendidikan terukur,” jelas Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Ekonomi. Beliau juga memaparkan seputar prestasi, fasilitas pendidikan, program mahasiswa serta beberapa capaian Universitas Tidar.

Berbeda dengan “perjamuan” biasanya, kali ini wali mahasiswa disajikan berbagai informasi seputar kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lain diluar perkuliahan seperti Program Pengembangan Profesi Akuntansi (PPPA), PHBD maupun PKM .

“Orang tua perlu memahami kegiatan anaknya dikampus agar dapat memantau perkembangan perkuliahan maupun kegiatan lainnya,” tutur Siti Arifah, S.E.Akt, M.Si. saat memberi pengarahan pada wali mahasiswa D3 Akuntansi di ruang Laboratorium Bahasa. Arifah yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Akuntansi memberi informasi seputar akademik meliputi penjelasan mengenai Satuan Kredit Semester (SKS), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan masa studi yang akan ditempuh. Selain itu dipaparkan juga mengenai Kartu Rencana Studi (KRS), Ujian Tengah Semester (UTS) serta Ujian Akhir Semester (UAS). Penjelasan ini menjawab pertanyaan para wali selama ini khususnya yang terkait dengan pembayaran. “Kami jadi tahu, mengapa harus bayar tepat waktu apa konsekuensinya,” tutur salah satu wali.

Poin tambahan yang disampaikan pada acara dialog interaksi ini adalah adanya program PPPA. “Lulus itu mudah, namun lulus yang berkualitas itu yang sulit,” kata Jokowi. PPPA adalah program pembekalan mahasiswa agar lebih siap menghadapi dunia kerja pasca lulus nanti. Program ini dilaksanakan pada semester 5-6 . PPPA diharapkan dapat mejadi nilai tambah bagi lulusan D3 Akuntansi UNTIDAR ketika melamar pekerjaan kedepannya.

Pengarahan untuk wali murid Program Studi Ekonomi Pembangunan dilaksanakan di Auditorium UNTIDAR. Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan, Drs. Whinarko Juliprijanto, M.Si. memaparkan hal yang kurang lebih sama dengan yang disampaikan Siti Arifah. Setelah pengarahan selesai, wali mahasiswa diberi kesempatan untuk berkeliling di gedung Fakutas Ekonomi.

Poto-2

“Saya mengapresiasi kegiatan dari Fakultas Ekonomi ini, apalagi bisa melihat ruang kuliah anak saya secara langsung serta mendapat penjelasan tentang kegiatannya,” tutur Rina, salah satu wali mahasiswa. Dialog interaksi ini diharapkan dapat menjembatani hubungan silaturahmi antara dosen dan wali mahasiswa. Fakultas Ekonomi membuka kesempatan bagi orang tua yang mau memberikan kritik dan sarannya melalui SMS Center di nomor 085878559139 yang nantinya akan dipergunakan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan mutu pendidikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY