ESTERIKA DENASAPTI KUSWARDANI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNTIDAR RAIH JUARA 3 DUTA BAHASA TINGKAT JAWA TENGAH

Pemilihan Duta Bahasa adalah kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah untuk menjaring generasi muda yang memiliki kepedulian dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia. Pemilihan Duta Bahasa diharapkan dapat membangkitkan minat generasi muda untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menambah wawasan generasi muda tentang bahasa Indonesia. Mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia, berbahasa daerah, dan berbahasa asing dan Menjadikan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa Indonesia. 

Tahun ini wakil dari Untidar yaitu Esterika Denasapti Kuswardani, mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Untidar berhasil meraih juara 3 dalam ajang ini. Ester berhasil melewati beberapa tahap seleksi mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan seleksi Wawancara. Setelah mengikuti Karantina dan Final pada 8—9 September 2015 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah akhirnya Ester berhasil merebut Juara 3 kategori putri. 

Ester adalah sulung dari 3 bersaudara. Memiliki minat yang besar pada dunia seni dan olahraga. Banyak prestasi yang berhasil diraih di bidang seni musik, menyanyi, fotografi, puisi, dan di bidang olahraga seperti taekwondo dan basket. Uniknya Ester juga sangat menikmati kesenian tradisional seperti Kethoprak dan Wayang Orang. Bahkan saat ini Ester sedang getol belajar mendalang dari sang Paman. Kepiawaiannya mendalang ditunjukkannya saat final dan berhasil menarik perhatian Juri.

Di bidang tarik suara, tak hanya lagu populer Indonesia dan Manca yang dikuasainya. Ester juga menguasai beberapa tembang Jawa maupun mocopat. Inilah yang menjadi nilai lebih Ester sehingga berhasil menjadi juara 3 Duta Bahasa tingkat Jawa Tengah tahun ini. 

"Kalau bukan kita yang mencintai tradisi siapa lagi. Saya sangat menikmati Kethoprak, Wayang dan sejenisnya. Dan ingin turut berperan agar anak muda jaman sekarang mau mencintai budaya sendiri" tutur Ester. Selain budaya Jawa, melestarikan budaya Indonesia termasuk di dalamnya Bahasa Indonesia adalah tugas kita bersama. Tentunya kemenangan ini semakin menyemangati saya untuk terus melestarikan dan dapat mempengaruhi lingkungan sekitar untuk menghormati dan mencintai Bahasa Indonesia". tambahnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY