Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Faris N Mehdawi, berbicara di forum seminar "Perkokoh Nasionalisme dan Karakter Bangsa Melalui Wawasan Kebangsaan" di aula Universitas Tidar Magelang, Sabtu (12/10/2013) sore. Di hadapan peserta seminar yang sebagian besar adalah mahasiswa Universitas Tidar Magelang, Dubes Palestina mengingatkan pentingnya generasi muda untuk selalu menanamkan semangat nasionalisme. Apalagi jika mengingat dahulu para pejuang telah mengerahkan jiwa raga untuk bisa merdeka. Setiap negara tentu menginginkan Merdeka dan Berdaulat. Terbebas dari campur tangan bangsa lain. Hal inilah yang sampai saat ini masih terus diperjuangkan oleh rakyat Palestina. Faris N Mehdawi menjelaskan perjuangan masyarakat Palestina tidak didasarkan agama, namun jiwa dan semangat nasionalisme. 
    Dubes Palestina juga sampaikan kekagumannya pada Bangsa Indonesia yang bisa bersatu dalam keberagaman. Hal ini turut menginspirasi Palestina dalam upaya meraih Kemerdekaannya saat ini. Ada yang berbeda dari bentuk penjajahan zaman dulu dan sekarang. kalau dulu, penjajah ingin menguasai hasil bumi yang dimiliki Indonesia, sementara sekarang Palestina harus berjuang dari upaya Bangsa lain yang ingin menguasai tanah secara keseluruhan termasuk Karakter Bangsanya. "Palestina sebenarnya memperjuangkan tanah negaranya yang sudah lama ditempati. PBB juga mendukung perjuangan rakyat Palestina," katanya.
    Dubes sempat berpesan kepada mahasiswa agar tak segan selalu berdiskusi dengan para dosen. Jangan takut untuk berdiskusi, karena ini juga sarana melatih mahasiswa agar menjadi politisi yang tegas. 
Sudah sejak dulu, bangsa Indonesia banyak membantu perjuangan rakyat Palestina. Karena itu persahabatan antara Indonesia dan Palestina harus senantiasa terjalin. Di akhir acara seminar, Dubes Palestina yang hadir bersama sekretarisnya menerima cinderamata dari Rektor UTM Prof Dr H Cahyo Yusuf MPd, dan menerima 3 buah buku dari Bambang Eko Prasetyo (salah satu budayawan Magelang).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY