DOSEN DAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO “TEBARKAN BENIH IKAN BERJUTA MANFAAT DI SUNGAI PROGO”

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar mengadakan kegiatan bakti sosial menebar benih ikan Nila dan  ikan Melem di Sungai Progo Magelang. Kegiatan Tabur benih ikan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu tahun akademik. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 November 2015 ini merupakan kegiatan yang ke 3 (tiga). Kegiatan ini dilakukan berangkat dari keprihatinan semakin maraknya penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan dan cenderung merusak ekosistem sungai, mematikan bibit-bibit ikan, merusak biota sungai dan lain sebagainya.  Dengan kegiatan ini diharapkan dalam 2 – 3 bulan ke depan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh diantaranya adalah meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, ikan merupakan sumber protein yang tinggi, meningkatkan asupan gizi pada anak khususnya untuk mendukung perkembangan otaknya karena ikan mengandung DHA yang tinggi, menjaga keseimbangan ekosistem sungai, pembinaan soft skill mahasiswa, menciptakan wisata alam yang murah melalui kegiatan memancing, keberlangsungan kehidupan ikan Melem yang merupakan ikan endemik Sungai Progo dapat lestari, dan lain sebagainya, sehingga Tema Bakti Sosial kali ini adalah “TEBARKAN BENIH IKAN BERJUTA MANFAAT”.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari Swadaya civitas akademika Jurusan Teknik Elektro dan alokasi dana dari Universitas Tidar untuk kegiatan bakti sosial. Kegiatan tebar benih ikan ini juga didukung oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Magelang dan Kabupaten Magelang dalam bentuk bantuan benih ikan.

Kegiatan tabor benih ikan ini dihadiri oleh mahasiswa Jurusan Teknik Elektro semester 1, 3 dan 5, dosen-dosen, Pejabat Fakultas Teknik, Pejabat Universitas, serta perwakilan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Magelang dan Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Civitas akademika UNTIDAR selain melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian juga harus aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang salah satu bentuknya adalah bakti sosial. (Sekjur Teknik Elektro)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY