MAGELANG – Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit UNTIDAR menggelar acara donor darah dan konsultasi kesehatan, Rabu (30/11). Kegiatan hasil kerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Magelang ini berhasil mengumpulkan 47 kantong darah.

“Pendonor harus memenuhi beberapa syarat salah satunya tekanan darah dan hemoglobin yang memenuhi standar,” tutur Lilik Rustiyana, Kabag Pelayanan dan Produksi UTD Kota Magelang.

Persyaratan dasar menjadi pendonor adalah berusia 17-65 tahun, berat badan minimal 50 kg dengan tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100 serta memiliki kadar hemoglobin 12,5-17 g/dl. Menurut Lilik, dari 79 pendaftar kegiatan donor darah hanya sebagian kecil yang tidak lolos. Antusias sivitas akademika UNTIDAR cukup tinggi untuk kegiatan sosial ini dan berharap bisa menjadi kegiatan rutin.

Salah satu staff UNTIDAR ikut berpartisipasi dalam acara Donor Darah, Volunteer Week KSR UNTIDAR.
Salah satu staff UNTIDAR ikut berpartisipasi dalam acara Donor Darah, Volunteer Week KSR UNTIDAR.

Sukardi, S.H., Ketua PMI Kota Magelang sekaligus Ketua Yayasan Borobudur Tidar mendukung kegiatan donor darah dijadikan agenda rutin di UNTIDAR. “Dosen dan karyawan UNTIDAR saya harap turut serta dalam kegiatan ini sebagai wujud solidaritas sosial dan kemanusiaan,” tandasnya.

Selain donor darah, Volunteer Week juga menyediakan konsultasi kesehatan gratis bahkan Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. juga turut mengkonsultasikan kesehatannya. Ani Arina, selaku ketua panitia kegiatan menuturkan bahwa kegiatan donor dan konsultasi kesehatan ini akan dijadikan program rutin KSR UNTIDAR tiap satu bulan sekali. “Aksi donor dan konsultasi diharapkan memberikan banyak manfaat dan membantu pihak-pihak yang membutuhkan,” tambahnya.

Sebelumnya, kegiatan Volunteer Week diawali dengan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di MI Al Islam, Balesari, Windusari, Sabtu (26/11). Kemudian disusuk kegiatan Seminar Donor Darah dan Diseminasi Kepalangmerahan, Senin (28/11) dan Kampus Siaga Bencana yang akan dilaksanakan Sabtu (3/12) mendatang.

Lilik Rustiyana, Kabag Pelayanan dan Produksi UTD Kota Magelang saat memberikan materi dalam Seminar Donor Darah dan Diseminasi Kepalangmerahan, Senin (28/11).
Lilik Rustiyana, Kabag Pelayanan dan Produksi UTD Kota Magelang saat memberikan materi dalam Seminar Donor Darah dan Diseminasi Kepalangmerahan, Senin (28/11).

Pada Seminar Donor Darah dan Diseminasi Kepalangmerahan, Lilik Rustiyana juga berkesempatan memaparkan materi dan penjelasan mengenai proses darah yang didonorkan sampai siap digunakan dan manfaat yang diterima bagi pendonor maupun yang membutuhkan donor darah. “UTD Kota Magelang baru mampu mengumpulkan 40 hingga 50 kantong darah dalam sehari, jumlah ini masih belum ideal jika dibandingkan dengan kebutuhan darah,” katanya. Maka itu, pencanangan kegiatan rutin donor darah dan konsutasi kesehatan di lingkungan UNTIDAR oleh KSR sangat didukung oleh PMI terutama UTD Kota Magelang. (KSR UNTIDAR)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY