MAGELANG – Panitia Penerimaan Pegawai Kontrak di Lingkungan Universitas Tidar tahun 2016 meloloskan 355 peserta untuk melanjutkan tes tahap kedua. Pengumuman resmi dikeluarkan Kamis, (12/05/2016) di laman resmi UNTIDAR.

“Tes tahap kedua dilaksanakan Senin, 16 Mei 2016 di Auditorium,” kata Sigit Joko Purnomo, koordinator penerimaan pegawai UNTIDAR. Setelah melewati seleksi tahap pertama yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) pada tahap kedua nanti peserta akan mengikuti tes psikologi.

Tujuan dari tes psikologi adalah untuk mengukur perbedaan antara individu atau reaksi individu yang sama pada situasi yang berbeda. Tes psikologi memiliki empat tujuan utama, yaitu diagnosa, prediksi, dekripsi dan pemahaman diri. Berdasarkan empat fungsi utama tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sebuah tes psikologi sangat berperan penting dalam memberikan profil mengenai seseorang.

“Tujuan utamanya untuk mengukur kepribadian peserta apakah sudah sesuai dengan bidang yang mereka pilih pada seleksi ini,” tambah Sigit.

Total peserta seleksi pegawai kontak UNTIDAR terdiri dari 325 formasi tenaga kependidikan, 4 formasi tenaga perpustakaan, 17 formasi pengemudi dan 9 formasi SATPAM. Seperti halnya tes TKD, peserta Tes Psikologi diharuskan membawa kelengkapan seperti KTP asli, pas foto bewarna 4×6 1 lembar, papan ujian, bolpoint, pensil HB, dan penghapus. Berbeda dengan tes sebelumnya yang dimulai jam 13.00 WIB, tes tahap kedua ini dilangsungkan pukul 09.00 WIB dan semua peserta wajib datang 30 menit sebelum tes dimulai.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY