Dandim 0716/Demak Berikan Wasbang Kepada Mahasiswa Universitas Tidar

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto berikan diskusi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terkait dengan “Karakter Bangsa dan Implementasi Pancasila” dalam lingkungan TNI sesuai dengan Doktrin Sapta Marga ke-1 “Kami Warga Kesatuan Republik Indonesia Yang Bersendikan Pancasila” di aula Batalyon Zipur-Tanpa Kawandya. Rabu (22/10).

Sebanyak 100 orang Mahasiswa Universitas Tidar Magelang Program Studi bermacam-macam menerima Wasbang dan 4 Konsep Dasar dalam Kehidupan bernegara yang disampaikan oleh Dandim  0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto.

Dandim menyampaikan bahwa kondisi bangsa saat ini adalah belum semua mahasiswa paham wawasan kebangsaan. Idealisme yang sempit cenderung mementingkan kelompok, golongan dan bersifat kedaerahan, suka meniru budaya asing tanpa menyaring terlebih dahulu, issu sara sering menjadi pemicu kerusuhan sosial. Oleh karena itu keberadaan “Karakter Bangsa” sebagai landasan konsepsional pemersatu bangsa sangat penting.

Karakter bangsa merupakan upaya untuk membentuk seseorang menjadi pribadi yang sesuai dengan karakter bangsa dengan mencintai negaranya sendiri. Pembinaanya dimulai dari karakternya sendiri dan karakter mahasiswa sangatlag penting untuk menjadikan seorang pemimpin bangsa yang baik dan berbudi luhur serta sesuai dengan Pancasila.

Beberapa postulat pancasila yaitu Pancasila  merupakan pandangan filsafat bangsa indonesia yg berisi konsep, prinsip dan nilai yang dijadikan pedoman bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pancasila berfungsi sbg dasar negara, ideologi, pandangan hidup berbagai proposisi yang lebih pragmatik.

Pancasila  menjadi paradigma dalam menata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, harus mampu dan ikut serta dalam meningkatkan kualitas bela negara, baik sikap maupun perilaku sehingga dapat meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara. Seperti kita ketahui bersama bahwa bela negara bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri saja melainkan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia.

 

Source : kodam4.mil.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY