Para calon mahasiswa jalur SNMPTN melakukan daftar ulang pada Selasa (31/05/2016) di Auditorium UNTIDAR.

MAGELANG – Sebanyak 342 calon mahasiswa jalur SNMPTN 2016 melakukan registrasi pada Selasa (31/05/2016) lalu di auditorium Untidar. Dari total keseluruhan mahasiswa yang lolos selaksi SNMPTN yaitu 420 peserta, maka sebanyak 78 mahasiswa tidak mendaftar ulang. “Tidak ada black list atau sanksi kepada sekolah akibat mundur atau tidak melakukan registrasi SNMPTN,”kata Drs. Giri Atmoko, M.Si selaku Kepala Biro Akademik, Perencanaan dan Kerjasama (BAKPK).

Menurutnya, penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN yang baru pertama kalinya dilaksanakan di UNTIDAR berjalan aman dan lancar. Pemberian sanksi hanya berlaku jika ditemukan kecurangan seperti manipulasi data atau nilai rapor. Tapi sampai wawancara ini berlangsung belum ada pemberian sanksi ke calon mahasiswa maupun sekolah manapun. “Dua calon mahasiswa mengirimkan surat pengunduran diri karena diterima kerja atau sudah diterima di universitas lain. Saya yakin mereka punya alasan tersendiri hingga akhirnya mundur, kami menghargai keputusan itu,” jelas Giri.

DAFTAR ULANG SNMPTN UNTIDAR 2016, TIDAK ADA PEMBERIAN SANKSI ATAU BLACK LIST, 2
Drs. Giri Atmoko, M.Si selaku Kepala Biro BAKPK (kanan) memberikan pengarahan kepada seluruh calon mahasiswa SNMPTN bersama Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Ph.D., (kiri) dan Dr. Bambang Kuncoro, M.Si. (tengah).

Dari 342 calon mahasiswa jalur SNMPTN ini terdiri dari 214 penerima Bidikmisi dan 128 non Bidikmisi. “Mahasiswa penerima bidikmisi masih harus kami seleksi kembali, karena kuota Bidikmisi UNTIDAR hanya 90 orang untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN,” kata Nuwun Priyono, S.E., M. Akt., Akt.

Selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNTIDAR, Nuwun menyatakan bahwa animo calon mahasiswa pada SNMPTN pertama yang mendaftar ke UNTIDAR ini cukup tinggi yaitu 2313 peserta. Jumlah ini dibagi dalam kategori PTN 1 yaitu peserta yang memilih UNTIDAR pada pilihan pertamanya sebanyanyak 641 peserta dan PTN 2 sebanyak 1672 peserta. Sedangkan untuk hasil seleksi, 243 peserta lolos dari seleksi PTN 1 dan 177 peserta dari PTN 2, total 420 peserta.

Persebaran jumlah calon mahasiswa SNMPTN yang telah mendaftar ulang paling banyak di Fakultas Teknik yaitu 116 peserta, Fakultas Ekonomi 48 peserta, Fisipol 50 peserta, FKIP 89 peserta dan Fakultas Pertanian 39 peserta.

Sekitar 16,2% dari total keseluruhan calon mahasiswa yang lolos seleksi tidak melakukan daftar ulang dan dinyatakan gugur. “Kuota mahasiswa yang gugur akan ditambahkan pada SBMPTN, jika masih belum terpenuhi juga maka akan dialihkan ke SM UNTIDAR,” tambah Nuwun.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY