CALON WISUDAWAN UNTIDAR IKUTI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN

Calon Wisudawan Untidar, Kamis 15 Oktober 2015 mengikuti acara "Orientasi Kewirausahaan Bagi Calon Wisudawan". Acara diadakan di Auditorium Universitas Tidar, dimulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pukul 12.30 WIB. Acara diawali dengan Laporan Ketua Panitia Drs. Sri Bondan, M.Si. Dilanjutkan dengan Diskusi Panel dengan Narasumber yaitu Prof. Dr. Hadri Kusuma, M.B.A.yang merupakan Guru Besar Bidang Akuntansi dan Keuangan UII serta Drs. Awan Santoso, M.Sc., Dosen Kewirausahaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

"Berdasarkan Pola Ilmiah Pokok, Universitas Tidar dikembangkan dengan ciri khas kewirausahaan. Untuk mewujudkan itu dilakukan melalui jalur intrakurikuler seperti perkuliahan, seminar dan extrakurikuler seperti program PMW dan PKM. Disamping itu ada juga kegiatan yang di tujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan interaksi mahasiswa yang akan diwisuda dalam bentuk pembekalan kewirausahaan. Baik program kurikuler maupun ekstrakurikuler, belum mampu menjangkau semua mahasiswa dalam menggerakkan minat berwirausaha. Guna meningkatkan dan menggerakkan minat wirausaha yang akan diwisuda agara tetap konsisten mengamalkan dan menjalankannya maka perlu diberikan pembekalan oleh para praktisi dan teoritisi yang berpengalaman" jelas Drs. Bondan M.Si saat membuka acara. 

Orientasi kewirausahaan bagi wisudawan bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan dan wawasan praktek kewirausahaan dan Menumbuhkembangkan motivasi dan minat wisudawan dalam berwirausaha. 

"Berwirausaha bukan sesuatu yang mudah dilakukan lebih-lebih apabila kendala yang dihadapi cukup berat. Niat atau tekad yang semula terbentuk akan dengan mudah hilang. Akan tetapi kondisi pasar kerja dewasa akan perlambatan pertumbuhan ekonomi dapat memasukkan pemerataan akan tenaga kerja baru. Bahkan ancaman pemutusan hubungan kerja sudah mulai nyaring terdengar. Solusi yang tepat untuk masalah ini tidak lain adalah berwirausaha " tegas Prof. Dr. Hadri Kusuma, M.B.A. Tidak usah ragu melangkah. "Sejak lulus kuliah sudah harus jelas apa yang akan dituju. Pastikan benar-benar dorongan hati dan bukan semata-mata karena mengikuti omongan orang lain", tambahnya. 

Sementara itu Drs. Awan Santoso, M.Sc.yang selama ini mengampu mata kuliah kewirausahaan memberikan trik dan memotivasi calon wisudawan Untidar agar berani menjadi Wirausahawan. "Gagal itu biasa dan harus jadi pemacu untuk meraih sukses dalam berwirausaha" tandasnya.

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY