Antusiasme Mahasiswa ISID Kunjungi UTM

Sebagai program tahunan Istitut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor, Ponorogo mengadakan kunjungan ke Universitas Tidar Magelang (UTM), Rabu (3/4). Robongan ISID sebanyak delapan puluh mahasiswa dan tiga orang pembimbing. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (FT) ISID khususnya mengunjungi mahasiswa FKIP yang ada di UTM. Dalam kunjungan tersebut selain mengadakan diskusi, kedua institut ini juga bertukar pengalaman mengenai keoorganisasian mahasiswa.

Sebagai pembuka, Dekan FKIP, F.X. Samingin, M.Hum, memberikan sambutan ucapan selamat datang kepada rombongan ISID yang telah bersedia mengunjungi UTM. Selain itu, beliau juga menyampaikan permohonan maaf karena ada beberapa dosen FKIP yang tidak bisa menyambut kedatangan kunjungan ISID karena berbagai hal yang tidak bisa ditinggalkan.”Sebelumnya saya meminta maaf, karena ada dosen FKIP tidak dapat menyambut kedatangan rombongan karena ada keperluan yang tidak dapat ditinggalkan”.

Perwakilan dosen ISID menyampaikan terimakasih atas sambutan dari pihak UTM yang menyenangkan. Dalam sambutanya, beliau juga menyampaikan informasi bahwa mahasiswa yang mengikuti kunjungan dikhususkan dari Fakultas Tarbiyah.

Pada acara inti, diadakan diskusi namun lebih tepatnya bertukar pengalaman antar kampus dalam keoorganisasian. Muji Sholikin sebagai moderator mempersilakan dahulu perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UTM untuk presentasi. Diawali oleh Ahmad Khazin menjelaskan tentang struktural BEM FKIP dan manfaat dari diadakanya kunjungan ini. “Sangat bermanfaat bagi kita, pertama sebagai silaturahmi antara Gontor dan FKIP. Juga untuk share masalah akademik yang dicapai masing-masing instansi, memotivasi kami agar semakin tertantang untuk lebih maju dalam struktural BEM. Agar mampu mengadakan acara bertaraf Internasional kelak, amin”, jelas ketua BEM FKIP.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga mempresentasikan kepengurusan HMJ periode itu. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diwakili oleh Ginanjar mahasiswa semester empat. Dari Bahasa Inggris diwakili oleh Mirza mahasiswa semester empat. ISID sendiri diwakili oleh dua mahasiswa FT. Mereka menjelaskan tentang keadaan kampus sekarang. Selain menjelaskan kepengurusan mereka juga mengenalkan lingkungan kampus ISID dan pondok Gontor.

Muhammad Syafi’i selaku ketua senat rombongan mengatakan sebelum mengunjungi UTM mereka berkunjung ke Taruna. Dia juga mengungkapkan rasa terimakasihnya atas sambutan dari mahasiswa UTM yang menyenangkan.”Dari kunjungan sebelumnya, UTM sangat berantusias untuk menyambut kami. Saat datang dibuat pagar betis bersalaman begitu jadi itu sangat mengesankan,”tegas dia dalam wawancara kemarin. Mereka memilih Magelang sebagai objek kunjungan karena dipendidikan luar seperti di PGA, SPG sudah dihapuskan, tetapi di UTM masih terus eksis dan aktif mempertahankan FKIP. Jadi mereka penasaran untuk mengetahui mengapa sebabnya perlu dipertahankan.

Setelah mengunjungi UTM rencananya mereka akan berkunjung ke Ketep, Salatiga. Selain itu, mereka juga mengunjungi pondok Gontor enam yang ada dekat di wilayah Magelang dan berbagai wisata lainya di Jogjakarta.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY