2 DOSEN AHLI ASAL UNIVERSITAS BENGKULU SAMBANGI UTM

Senin, 18 November 2013, 2 Dosen Ahli asal Universitas Bengkulu memulai tugasnya sebagai konsultan berbagai hal terkait peningkatan performa kerja dosen, dan peningkatan akreditasi program studi. Dr Abimanyu Diponusantara, M.P., dan Dr. Agus Martono Hadi Putranto, DEA, keduanya mewakili Dikti, melaksanakan Program Mobilisasi Dosen Pakar/Ahli Ditjen Dikti Tahun 2013. Menurut rencana keduanya akan berada di UTM selama 13 hari. Selama menjalankan tugas, dua utusan Dikti ini akan berkantor di Lembaga Penjaminan Mutu dan Perencanaan Pengembangan UTM.  Selama di UTM Dr. Abimanyu dan Dr. Agus Martono bertugas memberikan motivasi, dorongan kepada tenaga pendidik/dosen UTM untuk menghasilkan produk pendidikan yaitu penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Program Penugasan Mobilisasi Dosen Pakar/Ahli (PMDP-A) yang dimulai tahun 2013 ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi, terutama ditujukan pada perguruan tinggi baru dan perguruan tinggi yang masih memerlukan peningkatan kapasitas institusi untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Program ini merupakan penyempurnaan dari Program Detasering yang telah berhasil meningkatkan kapasitas institusi banyak Perguruan Tinggi baru dan berkembang menjadi institusi yang mandiri. Program Mobilisasi Dosen Ahli, meliputi 5 bidang yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian, Pembinaan Mahasiswa dan Dosen, serta Tata Kelola. Dikti saat ini mengucurkan dana yang tidak sedikit untuk merangsang insan akademis berikut institusinya untuk terus berkembang. Salah satunya dengan Program MDPA. Ibrahim Nawawi, M.T., Ketua Pelaksana Program MDPA UTM mengharapkan, agar keberadaan 2 Dosen Ahli ini dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai konsultan, terutama dalam hal Pembuatan Proposal Penelitian, Proposal Pengabdian, juga Borang Akreditasi. 25 proposal ditargetkan untuk selesai dengan pendampingan intensif selama 12 hari efektif.

19 November, seluruh dosen UTM mengikuti Workshop Penulisan Proposal PPM Skim DP2M. Tanggal 20 November 2013 dilanjutkan dengan Peningkatan Akreditasi Program Studi. Dalam sambutannya saat membuka workshop Rektor UTM, Prof. Dr. Yusuf, M.Pd. menyampaikan harapannya, agar para dosen semakin produktif menghasilkan karya. Selama ini penguasaan teori dan metode sudah baik, lebih baik jika dieksekusi. Terlebih saat ini Dikti banyak menggelontorkan Program Hibah untuk dosen dan program studi baik negeri maupun swasta. Peluang sudah ada, tinggal bagaimana respon dan action bisa cepat mengimbanginya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY