Peserta SBMPTN Kelompok Saintek di kampus UNTIDAR tampak serius mengerjakan soal ujian.

MAGELANG – Sebanyak 2723 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melaksanakan ujian tulis di Sub Panlok Magelang, Selasa (31/05/2016). Dari keseluruhan pendaftar awal 2853 peserta, 130 peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir saat ujian berlangsung.

“4,6% atau sebanyak 130 peserta dinyatakan tidak lulus. Sejauh ini pelaksanaan SBMPTN berjalan aman dan lancar,” kata Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Ph.D., Ketua SBMPTN 2016 Sub Panlok Magelang.

Jumlah peserta ujian SBMPTN Panlok 42 Semarang yang terbagi dalam 4 perguruan tinggi yaitu Undip, Unnes, UIN Walisongo dan UNTIDAR sebanyak 36.051 peserta terbagi atas 33.198 peserta di 47 lokasi di Semarang dan 2853 peserta tersebar di 6 lokasi di Kota Magelang.

Drs. Lorentino Togar Laut, salah satu pengawas ujian di SMA N 3 Magelang sedang membagikan LJK dan soal ujian.
Drs. Lorentino Togar Laut, salah satu pengawas ujian di SMA N 3 Magelang sedang membagikan LJK dan soal ujian.

Peserta ujian di Sub Panlok Magelang meningkat 30% dari tahun lalu yang hanya berkisar 2100an peserta. Dari seleksi SBMPTN, UNTIDAR akan menerima 268 peserta dari 4800an yang telah mendaftar. “Prodi yang paling diminati adalah ekonomi pembangunan dan administrasi negara,” tambah Prof. Ali.

Sebelumnya, perwakilan panitia SBMPTN Sub Panlok Magelang menghadiri upacara pembukaan naskah soal SBMPTN 2016 di Gedung Widyapuraya, Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang, Minggu (29/05/2016). Acara ini turut dihadiri perwakilan dari Unnes, Undip, dan UIN Walisongo dimana masing-masing perwakilan ini melakukan pembukaan naskah ujian untuk lokasi masing-masing panitia SBMPTN 2016 yang terdiri dari Penanggung Jawab Dokumen Ujian dan Humas. Untuk selanjutnya soal yang telah dibuka dan dibagi akan didistribusikan ke masing-masing universitas dengan pengawalan oleh penanggung jawab dokumen dan pihak kepolisian, hal ini dilakukan agar naskah soal tidak bocor atau menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Walaupun masih dalam Panlok yang sama, naskah ujian Sub Panlok Magelang dibuat khusus berbeda dengan yang berlokasi di Semarang,” jelas Humaidi, salah satu penanggung jawab pengiriman naskah dari Panlok 42 Semarang ke Sub Panlok Magelang.

Dokumen ujian SBMPTN tiba di UNTIDAR pada Senin malam (30/05/2016) diterima oleh Panitia SBMPTN Sub Panlok Magelang serta Rektor UNTIDAR Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. di ruang multimedia. Pada saat yang bersamaan dilakukan potong tumpeng oleh Rektor yang diserahkan kepada Ketua Panitia SBMPTN sebagai simbol peresmian penerimaan dokumen serta dimulainya persiapan SBMPTN untuk esok harinya.

Pemotongan tumpeng oleh Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. (kanan) didampingi Ketua SBMPTN Sub Panlok Magelang, Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Pd.D. saat  penerimaan dokumen ujian, Senin (30/05/2016).
Pemotongan tumpeng oleh Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. (kanan) didampingi Ketua SBMPTN Sub Panlok Magelang, Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc., Pd.D. saat penerimaan dokumen ujian, Senin (30/05/2016).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY