Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pancasila di Universitas Tidar, Kamis (01/06). Upacara ini diikuti seluruh dosen dan tenaga kependidikan UNTIDAR serta mahasiswa Bidikmisi angkatan 2016.

“Kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhineka tunggal ika-an kita,” tutur Joko Widodo saat membacakan teks sambutan dari Presiden Republik Indonesia.

Haripanca 3

Peringatan Hari Lahir Pancasila tercantum di Peraturan Presiden (Perpres) No 24 Tahun 2016. Sejak Perpres ini dikeluarkan secara resmi tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila oleh seluruh rakyat Indonesia.

Dalam Perpres tersebut dijelaskan bahwa penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei – 1 Juni 1945. Sedangkan istilah Pancasila baru diperkenalkan oleh Sukarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945 dilanjutkan rumusan Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945.

Haripanca 2

“Pancasila itu sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang beragam. Sayangnya, sempat ada isu pertentangan tentang sah tidaknya Pancasila ditinjau dari sudut pandang agama,” kata Atif, Ketua Himpunan Mahasiswa Bidikmisi UNTIDAR (Himadiktar). Menurutnya, Pancasila sudah sesuai karena dalam pembuatannya juga melibatkan para ulama dan substansinya tidak bersebrangan dengan agamanya (Islam).

Bayu Setiaji Muslih, Ketua BEM KM menuturkan bahwa Indonesia sebagai Negara yang berideologi Pancasila merupakan sebuah keistimewaan. “Diluar sana negara lain menerapkan nilai liberalisme, soisalisme hingga komunis akan tetapi Indonesia melahirkan konsep dasar yang “khas” yaitu Pancasila,” katanya.

Senada dengan Atif dan Bayu, Tadjus Sobirin, mahasiswa Teknik Sipil ini mendukung Pancasila sebagai ideology pemersatu bangsa. “Melalui peringatan hari Pancasila diharapkan kita lebih bersemangat untuk terus berjuang serta mengabdi kepada bangsa meski kita berbeda-beda,” pungkasnya. (DN)

haripanca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here