Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Tidar mengikuti monitoring dan evaluasi (monev) eksternal di Auditorium UNNES, Jumat (21/07). Dua belas tim PKM UNTIDAR bersama 173 tim lainnya dari 19 perguruan tinggi bergantian memaparkan hasil PKM masing-masing di depan pemonev yang telah ditentukan.

Dari total 185 tim PKM dibagi menjadi 4 kelompok A-D. Masing-masing kelompok terdiri dari 2 pemonev. Setiap tim diberi kesempatan presentasi 10 menit dan 10 menit untuk sesi tanya jawab. Presentasi meliputi pelaporkan kegiatan PKM dari awal hingga akhir yang telah didokumentasikan berupa foto ataupun video, penggunaan dana, produk, brosur, katalog maupun X-bannernya serta artikel maupun jurnal yang telah dipublikasikan.

“Pada sesi Tanya jawab pemonev membeli hasil bibit manggis kaki ganda hasil PKM kelompok kami. Kami tidak menyangka bibit manggis ini menarik perhatian para pemonev sampai akhirnya membeli bibit manggis ini,” kata Ardika Ageng Samudra.

Ardika merupakan ketua tim dari PKMK Untung Ganda Dengan Bibit Manggis Kaki Ganda. Bibit manggis hasil PKM ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan bibit manggis yang biasanya. Pertumbuhan bibit manggis kaki ganda ini pertumbuhannya lebih cepat serta hasil buah yang lebih banyak.

Seluruh tim PKM UNTIDAR masuk dalam kelompok D dimana tiap tim dimonev oleh 1 pemonev eksternal dan 1 pemonev internal. Pemonev eksternal yaitu Prof.DR.Tukiran, M.Si dari UNESA Surabaya dan pemonev internal yaitu Tri Murtini,S.Pd.,M.Pd. dari UNNES.

“Besar harapan kami serta tim PKM lain dari UNTIDAR untuk lolos maju ke Pimnas,” tambah Fisela Fikta Arunia ketua tim PKMK Hotel Jamu Si Ompong sekaligus anggota PKMK Bibit Manggis Kaki Ganda. Menurutnya, masing-masing tim PKM UNTIDAR sudah berusaha maksimal mulai dari riset judul pada awal pembuatan PKM, pelaksanaan kegiatannya serta persiapan untuk monev eksternal ini.

Simulasi monev yang sebelumnya diselenggarakan di kampus UNTIDAR membantu masing-masing tim dalam menyajikan hasil PKMnya di depan pemonev. Walaupun beberapa diantaranya masih demam panggung tetapi sebagian besar bisa melaksanakan presentasi dan Tanya jawab dengan lancar.

Hasil monev eksternal yang dilaksanakan di UNNES ini menjadi dasar dari keseluruhan PKM Perguruan tinggi untuk maju ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makasar, Sulawesi Selatan pada 23 – 28 Agustus 2017 mendatang. (HDN/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here