PROPOSAL PENELITIAN "PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DAN KEMAMPUAN TEMATIK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS TIDAR", LOLOS PROGRAM PENELITIAN DOSEN MUDA DINAS PENDIDIKAN JATENG

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih belum menggembirakan, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris. Salah satu masalah yang dialami oleh sebagian besar mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah motivasi belajar yang masih rendah. Selain motivasi belajar, masalah yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah kemampuan koneksi tematik yang masih rendah. 

Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengasah kemampuan koneksi tematik. Selain itu lingkungan pembelajaran yang menantang dan menyenangkan juga akan memotivasi mahasiswa untuk aktif berpartisipasi secara optimal dalam pembelajaran.

Penerapan Brain Based Learning memberikan manfaat teoritis dan praktis. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pengembangan teori pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya yang berkenaan dengan kemampuan koneksi tematik mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian lain yang serupa. Juga bermanfaat memperkaya khasanah penelitian experimental. Secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi dosen pengampu mata kuliah di program studi pendidikan Bahasa Inggris.

Proposal Penelitian mengenai Brain Based Learning inilah yang diajukan oleh Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untidar) dan berhasil lolos Program Penelitian Dosen Muda yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Jateng. Maksud diselenggarakan fasilitasi program Penelitian Dosen Muda adalah untuk meningkatkan kemampuan melakukan penelitian dengan mengangkat masalah-masalah yang berkaitan dengan potensi dan kearifan lokal. Adapun tujuannya adalah memberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas dan kapabilitas sebagai peneliti.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY