DOSEN UNTIDAR RAIH HIBAH PENELITIAN TERAPAN DARI DINAS PENDIDIKAN JATENG

Program fasilitasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan sejak tahun 2002, dengan tujuan utama, tentunya untuk partisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa. Adapun program tersebut berupa: Penelitian Dosen Muda, Penelitian Terapan, Penerapan dan Pengembangan Teknologi Tepat guna, dan Pengembangan KKN Desa Vokasi. Tahun ini salah satu Proposal yang diajukan oleh Dosen Untidar yaitu Drs. Hari Wahyono, M.Pd, beserta tim yaitu Dr. Mimi Mulyani, M.Hum, Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd dan Xander Salahudin, S.T.,M.Eng berupa Proposal Penelitian Terapan berhasil lolos seleksi dan mendapatkan hibah sebesar 50 juta rupiah. 

Penelitian Terapan dimaksudkan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dan alternatif pemecahan masalahnya di masyarakat melalui pendekatan ilmiah. Penelitian Terapan yang diajukan oleh Hari Wahyono beserta tim adalah "Pengembangan Model Penilaian Kemampuan Berbicara Siswa Berbasis Teknologi Informasi". Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki model penilaian kemampuan berbicara yang dilakukan oleh guru pada siswa di sekolah, yaitu dari penilaian secara manual ke penilaian menggunakan teknologi informasi. 

Penelitian ini berusaha menciptakan perangkat lunak penilaian berbicara. Perangkat lunak yang dihasilkan diharapkan sebagai sistem penilaian kemampuan berbicara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan berbagai tahapan. Tahap awal penelitian yaitu observasi analisis kebutuhan guru terkait dengan penilaian kemampuan berbicara, mencermati instrumen penilaian kemampuan berbicara di beberapa sekolah. Tahap berikutnya adalah merumuskan manual instrument dengan aspek-aspek dan indikator berbicara. Tahap selanjutnya adalah membuat perangkat lunak penilaian berbicara dan buku manualnya. Perangkat lunak dan buku manual yang sudah jadi disampaikan pada guru untuk disosialisasikan dan uji coba terbatas untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada sistem. 

Langkah selanjutnya yaitu perbaikan atau penyempurnaan sistem berdasarkan masukan dari para guru setelah hasil uji coba terbatas. Tahap berikutnya yaitu melaksanakan penelitian dan forum group discussion (FGD). Selanjutnya setelah diperbaiki berdasarkan hasil FGD, dilakukan validasi sistem dan perangkat lunak oleh ahli yaitu pakar evaluasi dan pakar teknologi informasi sebelum dipakai secara meluas. manfaat praktis dari penelitian ini adalah dengan SIPKB guru dapat melaksanakan penilaian kemampuan berbicara siswa dengan lebih mudah, efisien, dan efektif, serta hasil penelitian lebih objektif. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY