DOSEN UNTIDAR BERDAYAKAN MASYARAKAT PHRI DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM "AYO KE MAGELANG"

Kota Magelang sebagai salah satu tujuan wisata yang memiliki beragam obyek pariwisata dan mempunyai berbagai ragam wisata kuliner seringkali kurang diminati wisatawan. Hal ini bisa jadi disebabkan pegawai usaha wisata kuliner atau hotel kurang memiliki ketrampilan berbahasa yang memadai khususnya Bahasa Inggris. Sehingga wisatawan mancanegara tidak nyaman saat berkunjung atau menginap di Magelang.  Keterampilan berkomunikasi merupakan satu aspek yang terpenting dalam dunia pariwisata, apalagi komunikasi dalam bahasa asing terutama Bahasa Inggris. Melihat kondisi di atas, diperlukan sebuah pelatihan Bahasa Inggris yang sesuai untuk para pelaku usaha pariwisata khususnya kuliner dan perhotelan. 

Hal inilah yang mendasari Drs. A. Yuwono, M.Pd., Dr. Dwi Winarsih, M.Pd. dan Dr Farikhah, M.Pd melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu "Program Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat PHRI Melalui Peningkatan Kompetensi Berbahasa Inggris Dalam Rangka Mensukseskan Program Ayo Ke Magelang". Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Magelang, Yuwono beserta tim menggandeng pelaku pariwisata dalam bidang perhotelan dan rumah makan atau restoran yang berlokasi di Kota Magelang. Prioritas sasaran adalah subyek dalam bidang perhotelan yang terlibat pada hotel bintang 3 kebawah. Sedangkan pelaku pariwisata dalam bidang rumah makan adalah subyek yang terlibat pada wisata kuliner di magelang. Kegiatan berlangsung selama 2 bulan, dimulai bulan Agustus sd September 2015. Tatap muka diadakan di Ruang Pusat Bahasa Untidar diikuti oleh sekitar 20 orang.

Dengan model pendampingan Bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, pelaku usaha pariwisata di Kota Magelang yang tergabung dalam PHRI semakin meningkat kemampuan berbahasa Inggrisnya. Secara ekonomi juga akan meningkat pendapatannya karena semakin meningkat jumlah kunjungan ke restoran maupun hotel oleh wisatawan domestik maupung asing. Dari aspek pariwisata juga semakin mensukseskan Program Ayo Ke Magelang. Salah satu peserta mengatakan senang bisa mengikuti kegiatan ini karena semakin meningkatkan kualitas diri, dan semakin memahami pola dan penerapan Bahasa Inggris dalam dunia pariwisata yang digeluti. 
    

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY