Program SM-3T adalah Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru.
Tahun ini, 11 lulusan Universitas Tidar Magelang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berhasil lolos program SM-3T. Mereka adalah 6 lulusan FKIP Bahasa Inggris yaitu Mustakmilin, Dewi Septo Wardhani, Farhatul Umah, Putri Daniati, Prabowo Mujiarto, dan Saiful Barkah. Sementara dari Prodi FKIP Bahasa Indonesia, Rahayu Setyaningrum, Afandi, Amar Makruf, Edi, dan Dewi Prabawati. Mereka nanti akan ditempatkan di Kabupaten Gayo Lues Aceh, Kabupaten Kupang NTT, Kab. Kutai Barat Kalimantan Timur, dan Kab Sangihe Sulawesi. Sementara itu 25 lulusan UTM yang tahun lalu lolos program SM-3T 2011 akan ditarik dari daerah 3T pada 8 Oktober 2012. Selanjutnya mereka akan mengikuti PPG mulai bulan Januari dengan beasiswa lengkap dari Dikti termasuk asrama dan biaya hidup. Setelah lulus PPG jika mau kembali ke daerah penempatan SM-3T langsung diangkat menjadi PNS. Kalaupun tidak ingin kembali ke daerah asal akan tetap diprioritaskan untuk CPNS 2014.
Senin, 8 Oktober 2012 kesebelas lulusan UTM yang telah lolos program SM-3T berkumpul di Ruang I 7 FKIP untuk mendapatkan pengarahan dari Dekan FKIP, Prof. Dr. Sukarno, M.Si. Dalam arahannya Prof. Sukarno menyampaikan agar para lulusan UTM peserta program SM-3T untuk menjalankan tugas dengan semaksimal mungkin. Satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan hard skill dan soft kill, karena di daerah tujuan nanti, mereka akan menjalankan peran penting sebagai tenaga pendidik bagi masyarakat sekitar yang notabene miskin edukasi. Peserta SM-3T juga harus mampu beradaptasi dengan budaya setempat. Ketika masyarakat setempat bisa menerima dengan baik kehadiran para pendidik ini, tentu visi dan misi program SM-3T untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa bisa tercapai.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY