PKMT 2016 : SI JAMBRONG, BAKAR JAGUNG & BERONDONG JADI LEBIH MUDAH

0
558

Danang Henri Wibowo, Miftahkul Khoir, Ikhwan Widjanarko dan Fitri Alfiana membuat sebuah alat inovasi dimana membakar jagung dan membuat berondong bisa dilakukan dalam waktu dan alat yang sama. Alat ini dinamakan “SI JAMBRONG” yaitu singkatan dari mesin sate jagung dan berondong.

Ide pembuatan Si Jambrong bermula dari survey dan observasi lapangan di wisata alam Ketep Pass. Berwisata di obyek andalan Kabupaten Magelang ini tidak lengkap jika belum mencoba jajanan khasnya yaitu jagung bakar dan berondong. Mayoritas masyarakat sekitar obyek wisata ini bermata pencaharian sebagai penjaja jagung yang tergabung dalam POK DARWIS “Kelompok Sadar Wisata Jelita”. Dalam kesehariannya, para penjaja jagung masih menggunakan sistem manual dalam proses pembakarannya sedangkan berondong mereka hanya menjualkan kembali belum dapat memproduksi sendiri karena keterbatasan alat.

Si Jambrong dilengkapi motor listrik untuk menggerakkan tuas pembakar jagung dan berondong sekalgus dilengkapi kipas untuk menjaga kestabilan panas bara api.
Si Jambrong dilengkapi motor listrik untuk menggerakkan tuas pembakar jagung dan berondong sekalgus dilengkapi kipas untuk menjaga kestabilan panas bara api.

“Si Jambrong diharapkan dapat membantu penjualan jagung bakar dan berondong. Alat ini lebih efisien, higienis dan praktis, tidak perlu berbagai alat yang terpisah seperti tempat bakar sate, kipas dll tapi kini hanya cukup satu alat saja,” tutur Danang.

Prinsip kerja Si Jambrong yaitu dengan cara menancapkan jagung pada tangkai pembakar jagung. Berondong dimasukkan ke bagian tabung yang berkaitan dengan tangkai pembakar jagung. Ketika tuas diputar maka baik jagung maupun berondong ikut berputar. Alat ini dilengkapi juga dengan kipas angin sehingga tetap menjaga panas pembakaran dimana bahan bakar utama tetap menggunakan arang. Si Jambrong dilengkapi dengan motor listrik sebagai penggerak utama. Kecepatan putaran motor listrik (900 rpm) direduksi menjadi 10 rpm atau sesuai dengan kebutuhan proses pembakaran jagung dan pembuatan berondong. Proses reduksi menggunakan steker kontroler.

Si Jambrong adalah salah satu hasil Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKMT) mahasiswa UNTIDAR yang berhasil didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemristekdikti) Tahun 2016. (Farid-Ninda Mg/DN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here