Khimar dikenal sebagai penutup aurat muslimah berupa kain yang menutupi kepala hingga menjulur ke dada kecuali bagian muka dan bersifat tidak transparan. Pengertian ini diambil dari salah satu surat di Al Quran yaitu surat An Nur ayat 31: “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.  Dan hendaklah mereka menutupkan khimar (kain kerudung) ke dadanya…”.

Berbeda dengan khimar yang sudah ada sebelumnya, Vivanti Puspitasari (PBI/FKIP) dengan kedua teman satu tim PKMKnya Rizky Kurniawati (PBSI/FKIP) dan Inayatul Fatonah (PBSI/FKIP) sepakat menuangkan idenya dalam mendesain khimar dengan gaya kekinian.

“Biasanya khimar hanya polos dengan potongan lurus tanpa aksen di pinggirannya serta monoton pada warna-warna yang cenderung gelap,” kata Vivanti.

13100948_219145011797832_3207996413526082_n
Jehan Khimar, salah satu kreasi model khimar karya PKMK UNTIDAR 2016, Khimar “Nature” Inovasi HIjab Syar’i dan Trendi.

Mengusung judul Khimar “Nature” Inovasi Hijab Syar’i dan Trendy Bertema Alam dalam pembuatan PKMKnya, Vivanti dan kedua partnernya berhasil menerima dana hibah PKM 2016 dari Kemristekdikti. “Khimar ‘Nature” atau bertema alam di sini ditunjukkan dengan model potongan ujung khimar misalnya model deema atau bermakna awan, potongan ujung khimarnya melengkung seperti bentuk awan. Pilihan warna khimar pun lebih bervariasi,” tuturnya. Konsep alam yang diusung tim PKMK ini mengandung unsur kesederhanaan karena menurut mereka kecantikan yang sesungguhnya berawal dari kesederhanaan.

Selain model deema ada beberapa model khimar lain seperti marwa (nama gunung di Mekah), jehan (bunga), dan rubina (air terjun). Konsep alam yang diimplikasikan pada model dan warna-warna khimar ini diharapkan mampu mengajak para muslimah untuk mengenakan khimar baik dari remaja maupun orang dewasa. Khimar “Nature” atau kini lebih dikenal dengan Salwa Khimar ini tidak hanya memproduksi khimar instan atau langsung pakai tapi juga khimar square yang berupa kain segi empat. Pilihan warnanya pun bervariasi serta harganya terjangkau,

“Produk kami berkisar Rp 85ribu hingga 125ribu. Kami juga menerima custom model serta pemesanan khusus,” tambah Vivanti.

Selain memasarkan produknya lewat toko sebuah toko jilbab di Jalan Sambung Kidul RT 07/RW VIII Magelang, tim PKMK Khimar “Nature” juga memasarkan produk mereka melalui media sosial yaitu Facebook dengan nama Salwa Khimar dan Instagram, Salwa_khimar. Sebagai wujud keseriusannya mengembangkan usaha ini, Khimar “Nature” selalu berusaha mengeluarkan model terbaru setiap bulannya dan yang menjadi prioritas utamanya semua produk terbuat dari kain yang halus, tidak panas dan menerawang. (NV/DN)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY