Sahur bersama anggota UKAI di serambi Masjid Mambaul Ulum UNTIDAR sebelum membagikan menu sahur ke kos-kosan di daerah sekitar kampus.

MAGELANG – Unit Kegiatan Agama Islam (UKAI) “Ar-Ribath” Universitas Tidar membagikan sahur gratis bagi mahasiswa yang indekos di sekitar kampus, Sabtu (11/06/2016). Malam sebelumnya selepas shalat Tarawih berjamaah, anggota UKAI dan beberapa perwakilan UKM melaksanakan Mabit (Malam Bina Takwa) yang diisi dengan tadarus bersama.

“Dalam semalam kami membaca 5 juz Al Quran. Ada yang satu persatu membaca atau menyimak saja,” kata Eki Dwijayanti, salah satu pengurus UKAI.

Walaupun harus tidur lebih malam lalu bangun lagi pada dini hari untuk pembagian sahur, Eki mengaku tetap bersemangat menjalani kegiatan ini. Pembagian menu sahur kali pertama oleh UKAI ini menyasar 130 mahasiswa UNTIDAR yang indekos di wilayah Tuguran dan Dumpoh.

“Sebelumnya kami menghubungi mahasiswa dan pemilik kost, sehingga sewaktu pembagian mereka sudah siap dikunjungi,” kata Slamet Prakoso, Ketua Panitia Ramadhan di Kampus.

Berbeda dengan Sahur On The Road biasanya, pembagian menu sahur dibagikan langsung ke kos-kosan bukan membaginya di jalan raya. Belum banyak warung makan yang menyediakan menu sahur khususnya disekitar kampus sehingga kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa yang kesulitan mencari makan sahur.

Solat subuh berjamaah usai membagikan sahur.
Solat subuh berjamaah usai membagikan sahur.

Setelah membagikan sahur, kegiatan dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Mambaul Ulum UNTIDAR. Gerakan Subuh Jamaah (GST) yang juga pertama kalinya ini, Ibrahim Nawawi, S.T., M.T., berkesempatan menjadi imam sekaligus pengisi kuliah subuh.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan pada Sabtu (18/06/2016) dini hari mendatang. Rangkaian kegiatan Ramadhan di kampus ini diharapkan dapat menyemarakkan bulan penuh berkah ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY