Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tidar kembali menyelenggarakan acara Borobudur Conference of Public Administration (BCPA), Jumat-Sabtu (24/25) bertempat di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sedikit berbeda dengan pelaksanaan BCPA sebelumnya, tahun ini panitia hanya menentukan tema umum yaitu “Fostering Innovation Public Administration”. “Diluar tema umum, panitia juga mnerima tema lain seperti partai politik, parlemen, patologi administrasi, pengelolaan air bersih, pertanian, administrasi pertanahan dan lain-lainnnya,” ujar Dekan FISIP, Dr. Samudra Wibawa, M.Sc. dalam sambutannya.

Menurutnya, jangkauan bidang adminstrasi publik sangat luas maka konferensi ini diharapkan menjadi wadah untuk memaparkan makalah dan ajang sharing bagi peserta untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan ilmu administrasi negara.

Sependapat dengan Dekan FISIP, Rengga Vernanda, M.Si., M.A., Ketua Panitia BCPA menjelaskan bahwa tema umum kali ini dipilih untuk mendorong para peserta untuk lebih berinovasi dalam sektor administrasi negara. Inovasi dalam hal ini contohnya kemitraan dari sektor pemerintahan, masyarakat dan swasta untuk menimbulkan inovasi.

“Tema inovasi ini mendorong banyak sektor dalam administrasi negara untuk berkembang seperti balkondes ini juga merupakan contoh inovasi kemitraan antara desa, pemerintah maupun pihak swasta,” jelas Rengga.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam cara membuat makalah yang berkualitas dan cara presentasi dihadapan khalayak. Dari berbagai m akalah yang terkumpul dengan berbagai permasalahannya maka akhirnya muncul sebuah solusi untuk menanganinya. “Menumbuhkan maupun mengembangkan inovasi untuk mencapai tujuan administrasi negara guna mensejahterakan masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, makalah yang terkumpul menjadi bahan jurnal bagi jurusan administrasi negara dan menjadi jurnal yang terakreditasi. Salah satu syarat agar jurnal dapat terakreditasi dengan adanya pemakalah dari luar.

Berikut daftar asal peserta BCPA 2017 yaitu FISIP Universitas Airlangga, Universitas Islam Jember, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Swadaya Gunung Jati, Universitas Udayana, Universitas BSI Bandung, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, UNISRI, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Sultan Fatah (Unisfat), UNPAD, UNSA (Universitas Surakarta), Universitas  Slamet  Riyadi Surakarta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang – Banten, UMS (Malaysia Sabah), Universitas Widya Mataram Yogyakarta, STIAMI dan UNTIDAR. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here