Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melaksanakan visitasi ke Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) pada 6 – 8 November 2017. Visitasi ini merupakan salah satu rangkaian proses pembaharuan akreditasi Prodi AN yang akan habis masa berlakunya pada Desember mendatang.

“Proses pengajuan akreditasi kini menggunakan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Pada tahap awal kami mengunggah berkas-berkas ke alamat https://sapto.banpt.or.id/ dan setelah melalui beberapa revisi maka selanjutnya dilaksanakan visitasi dari pihak BAN PT. Visitasi ini bertujuan untuk mengkonfirmasi berkas yang telah kami kirimkan pada bulan Juni lalu,” kata  Retno Dewi Pramodia Ahsani, SIP., M.P.A., Plt. Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, FISIP, UNTIDAR pada Kamis (09/11).

Dalam proses akreditasi ada 7 standar yang harus dipenuhi yaitu visi misi, tata pamong, mahasiswa dan alumni, sumber daya manusia (SDM), kurikulum, pembiayaan serta penelitian dan kerjasama. Tim asesor yang ditugaskan BAN PT untuk melaksanakan visitasi adalah Prof. Dr. Sami’un Jaja Raharja, M.Si. dari Universitas Padjajaran, Bandung dan Dr. AF. Sigit Rochadi, M.Si. dari Universitas Nasional, Jakarta.

“Ada peningkatan atau perubahan signifikan dari Prodi Admnistrasi Negara namun beberapa hal perlu ditingkatkan khususnya penjaminan mutu pendidikan, penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat dosen, serta peningkatan kegiatan mahasiswa di bidang akademik,” kata Dr. Sigit.

Selain itu, para alumni juga bisa dilibatkan untuk kegiatan-kegiatan prodi. “Alumni merupakan poin penting dalam akreditasi bahkan lebih baik lagi jika dibuatkan sebuah organisasi sehingga hubungan alumni denga almamaternya tidak terputus setelah lulus,” tambahnya.

Proses penghimpunan data serta pembuatan berkas akreditasi sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. “Buka 1 atau 2 hari tapi berbulan-bulan lamanya untuk mempersiapkan akreditasi prodi ini. Hasil kerja keras selama ini harapannya dapat berbuah baik yaitu peningkatan nilai akreditasi yang semula C menjadi B atau bahkan A,” kata Dekan FISIP, Dr. Samodra Wibawa, M.Sc. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here