Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa Universitas Tidar, Kamis (29/11). Mahasiswa yang memperoleh beasiswa merupakan mahasiswa berprestasi yang telah melalui proses seleksi.

“Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI menyalurkan beasiswa kepada rekan-rekan mahasiswa terutama di perguruan tinggi negeri, kami harap beasiswa ini dapat membantu kelancaran kegiatan kuliah mereka,” tutur Ukon Hendartono, Wakil Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah BRI Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Purwandono, Pemimpin Cabang BRI Kantor Cabang Magelang beserta jajarannya, para Dekan, Kabiro, dan kabag Akademik dan Kemahasiswaan UNTIDAR.

Kegiatan penyaluran beasiswa untuk mahasiswa telah dilaksanakan rutin oleh BRI tiap tahunnya. Beasiswa yang diberikan sebesar Rp 5 juta kepada 20-40 orang mahasiswa terpilih pada tiap perguruan tinggi.

“Total beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa UNTIDAR Tahun 2018 ini sejumlah Rp 100 juta. Dibagikan kepada 20 mahasiswa yang telah lolos seleksi dan masing-masing memperoleh Rp 5 juta,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Bambang Kuncoro, M.Si. mengucapkan terima kasih atas bantuan beasiswa BRI kepada para mahasiswa UNTIDAR.

“Setelah mendapat tambahan kuota Bidikmisi sebanyak 69 orang, Beasiswa PPA Alokasi Khusus sebanyak 5 orang dan Beasiswa PPA Tambahan sebanyak 50 orang ternyata UNTIDAR masih mendapatkan tambahn Beasiswa dari BRI sebanyak 20 org,” ujar Bambang.

Dari 126 orang mahasiswa yang mengumpulkan berkas ke Biro Akademik, Perencanaan dan Kerjasama (BAKPK) diseleksi berdasarkan nilai Indek Prestasi Mahasiswa (IPK), prestasi yang dibuktikan dengan piagam dan atau dari keluarga kurang mampu. Maka akhirnya diperoleh 20 besar mahasiswa yang memenuhi kriteria tersebut.

“Terima kasih kepada BRI atas beasiswa ini. Tentunya beasiswa ini akan saya gunakan untuk membayar UKT semester mendatang dan sebagian saya sisihkan untuk rekan-rekan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Grandio Sonora Tidar,” jelas Chaierul Anas, mahasiswa Fakultas Teknik, prodi Teknik Elektro, salah satu penerima beasiswa Indonesia Cerdas BRI Tahun 2018.

Anas, merupakan salah satu mahasiswa berprestasi UNTIDAR yang telah memperoleh 5 piagam penghargaan paduan suara. Sebagian beasiswanya akan disumbangkan untuk rekan-rekan PSM Grandio Sonora Tidar yang sedang mengumpulkan dana untuk kejuaran Paduan Suara di Hongkong pada tahun 2019 mendatang. (DN/HDN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here